Renungan Minggu Biasa ke V

(Khotbah ini akan disampaikan pada Misa Hari Minggu Biasa V di Kapela Lapas Atambua, 4 Februari 2018)

Sumber Bacaan: Mrk. 1:29-39

Oleh: RD. Eman Kiik Mau

Yesus dicari oleh banyak orang. Yesus bisa menyembuhkan banyak penyakit. Bahkan para tetangga ibu mertua Simon berusaha menahan Yesus agar tidak pergi dari daerah mereka.

Namuan Yesus menolak. Yesus harus pergi ke daerah lain untuk mewartakan kabar sukacita.
Siapakah Yesus bagiku/ santa Teresa dari Kalkuta mengatakan, “ Bagiku, Yesuslah segala-galanya!”.

Yesus itu Allah, sang Penyembuh sejati. Kita akan selalu mencari-Nya dengan segenap hati setiap saat. Dan Yesus akan menyembuhkan kita tepat pada waktunya.

Beberapa pesan pokok yang perlu kita renungkan bersama dalam perikop Injil Markus hari ini:

Pertama, Allah itu setia. Ia tidak pernah meninggalkan kita sendirian. Allah setia berjalan bersama kita. Kita diundang untuk peka akan kehadiran Allah yang setia mencintai dan menolong kita.

Kedua, Allah setia menerima kehadiran kita, terutama kita yang datang dengan segala sakit penyakit kita. Allah ingin hidup kita bahagia dan sukacita. Allah siap membantu kita kapan saja.

Ketiga, Yesus larang setan-setan berbicara tentang Dia. Yesus ingin, bukan setan-setan yang kenal Dia, melainkan hati dan diri kita. Hati dan hidup kita hendaknya terarah kepada-Nya.

Keempat, Kita diundang untuk senantiasa tekun dan setia mencari Tuhan. Kita diajar juga untuk tidak mudah percaya pada kekuatan di luar Tuhan. Tuhan-lah segala-galanya bagi kita. Dia-lah Sang Penyembuh Sejati.

Selamat pagi dan selamat hari baru. Selamat merayakan hari minggu biasa kelima. Dalam Yesus, kita bersaudara. Tuhan memberkati. Salam kasih dan doa.

 

Keuskupan Atambua

                    RD. Eman Kiik Mau, Imam Projo Keuskupan Atambua, saat ini sedang mempersiapkan diri untuk Studi lanjutan di Universitas Padjajaran Bandung.

SHARE