keuskupanatambua.org – Pertemuan Pastoral (Perpas) Regio Nusa Tenggara adalah pertemua rutin para Waligereja Nusa Tenggara untuk membahas suatu tema khusus yang aktual-penting, dan tindak lanjutnya dijalankan oleh masing-masing Keuskupan atau dalam kerjasama komisi terkait lintas-keuskupan.

Dalam pelaksanaannya, para Waligereja melibatkan awam yang kapabel untuk turut menyumbangkan pemikiran dalam menjawab perubahan-perubahan penting yang terjadi di tengah umat.

Sejauh ini, sudah terlaksana sepuluh pertemuan perpas. Perpas XI yang direncakan pada tahun 2019 akan diadakan di Keuskupan Atambua. Karena itu, diperlukan pertemuan-pertemuan persiapan oleh para Direktur Puspas/Sekpas se-Regio Nusra.

Keuskupan Atambua
Suasana Diskusi para Direktur/Sekpas Regio Nusra (Photo: Dok. Pribadi)

Pertemuan persiapan Perpas yang dihadiri para Direktur Puspas/Sekpas se-Regio Nusra berlangsung di Emaus Pastoral Center (EPC, 16/05) Hadir dalam pertemuan ini RD. Alex Tabe (Keuskupan Agung Ende), D. Edu Jebarus (Keuskupan Larantuka), RD. John Eoh (Keuskupan Maumere), RD. Tiburtius (Keuskupan Wetebula), dan RP. Vincent Wun, SVD bersama Bapak Yosef Hello (Keuskupan Atambua). Yang absen dalam pertemuan kali ini adalah utusan dari Keuskupan Agung Kupang, Denpasar, dan Ruteng.

Dalam pengantarnya, RP. Vincent Wun, SVD selaku tuan rumah mengucapkan selamat datang kepada para Romo Direktur Puspas. Selajutnya peserta pertemuan ini membahas Resume Diskusi Pastoral Forum Komunikasi (Forkom) Puspas/Sekpas NUSRA yang dilaksanakan di Ketentang, Labuan Bajo, 15-17 Mei 2017. Forum ini sepakat agar bahan-bahan pembinaan dan modul yang dihasilkan Puspas Keuskupan masing-masing perlu dibagikan ke keuskupan lain sebagai bahan pembelajaran.

Sehubungan dengan rencana Perpas Nusra XI disepakati agar Direktur Puspas Atambua membicarakan bersama Uskup Atambua untuk mengusulkan kepada para Uskup Nusra perihal Tema, Rancangan Acara, Waktu, Peserta, dan Dana Perpas. Pertemuan selanjutnya direncanakan bulan Januari 2019.

oleh: Admin Web Keuskupan Atambua.

SHARE