keuskupanatambua.org, -Sudah dua pekan sejak PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) di Kabupaten Belu yang ditindaklanjuti lagi dengan himbauan Bapak Uskup Atambua untuk menghindari kegiatan-kegiatan yang berpotensi mengumpulkan banyak orang atau membuat kerumunan, para pegawai Puspas yang dikomandoi oleh Sekretaris Umum Puspas KA, Bapak Yosef Hello mengadakan kegiatan Jumat bersih. Dalam kegiatan jumat bersih ini, para staf Puspas membersihkan dan memungut sampah plastik di lingkungan sekitar Kantor Puspas KA dan Istana Keuskupan. Akan tetapi hari ini, di Lalian Tolu, Puspas (Jumat, 16/7/2021), fokus kami adalah kebun klengkeng yang berlokasi persis di belakang TOR Lo’o Damian. Rencana kegiatannya adalah penggemburan tanah di sekeliling pohon klengkeng dan penyiraman pohon klengkeng yang telah ditanam pada aksi Jalan Salib “Belarasa” pada Aksi Puasa yang lalu oleh Bapak Uskup Atambua, Mgr. Dominikus Saku bersama para Ketua Komisi Pastoral se- KA.
Kegiatan Jumat Bersih ini dimulai tepat pukul 08.00 Wita. Para pegawai mulai bergerak dari kantor Puspas menuju lokasi. Ada ember, juga tajak, linggis kecil dan pacul untuk penyiraman dan penggemburan. Walaupun masih pagi hari, namun matahari telah terasa sangat menyengat. Namun hal ini tidak menyurutkan semangat kami untuk memberikan sedikit kesegaran untuk pohon-pohon klengkeng yang sudah sangat menderita karena kemarau ini. Pohon-pohon kecil ini sangat membutuhkan air. Mengingat saat ini musim kemarau telah melanda. Penguapan yang tinggi dan sinar matahari yang panas menyebabkan beberapa tanaman yang tidak mendapatkan air yang secukupnya mati.

Ada ratusan pohon klengkeng yang ditanam pada waktu masa Prapaskah kali lalu kini membutuhkan air. Biasanya pohon-pohon kecil ini disiram oleh para frater TOR Lo’o Damian tetapi karena para frater telah pulang libur maka sekarang dalam keadaan sangat kering. Masing-masing kami mulai bergerak. Ada yang menggembur ada yang mulai menyiram. Memanfaatkan air yang telah ditampung di drum air, kami mulai menyiram ratusan pohon klengkeng itu. Pohon-pohon Klengkeng di kebun Keuskupan ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Pilot Project Keuskupan Atambua, Atambua Eden. “Kami berharap semoga dari kebun klengkeng ini kelak punya cerita buat anak-cucu yang akan menikmati hasilnya”, kata Bapak Sekum. 

Penulis: Oktofianus Y. Klau

Editor : Yosef M.L. Hello

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here