keuskupanatambua.org- Sebanyak 950 umat Paroki Santo Mikhael Kada menerima Sakramen Krisma dari tangan Mgr. Dominikus Saku pada Rabu, 25 September 2019. Ke-950 peserta Krisma berasal dari siswa-siswa Sekolah Dasar, SMP dan SMA/SMK se-Paroki Kada. Dalam pengajarannya kepada para calon krisma sehari sebelumnya, Uskup Atambua keempat ini menegaskan bahwa Roh Kuduslah yang menghidupkan dan memberi daya kepada para pengikut Kristus dan berkarya di dalam diri umat beriman melalui pencurahan Roh Kudus.

“Ketujuh karunia Roh Kudus akan berkarya di dalam diri setiap umat beriman yang mendapat pencurahan Roh Kudus”, tandas Uskup Domi disambut antusias para peserta.

Perayaan liturgi Krisma berlangsung khidmat. Bapak Uskup Dominikus Saku dalam kotbahnya menegaskan kembali beberapa hal penting terutama yang berkenaan dengan Roh Kudus. Menurut Ketua Komisi Keadilan dan Perdamaian KWI ini, pencurahan Roh Kudus kepada para rasul dalam peristiwa pentakosta itu mengisyaratkan bahwa Roh itu menghidupkan. Dia adalah nafas hidup yang memberi daya hidup kepada Gereja. “Semua orang dipenuhi oleh Roh Kudus dan dengan itu mereka mengalami perubahan melalui tindakan-tindakan konkrit: saling menyapa, saling memahami, saling mengerti dan mempersatukan semua orang”, kata Mgr dalam kotbahnya.

Pastor Erwin Asa, Pr, Administrator Paroki Kada dalam sambutannya mengatakan bahwa ia bersama umat Kada sangat bersyukur untuk peristiwa iman ini. “Bersama umat kami bersyukur karena Bapak Uskup berkenan melawati kami dalam peristiwa penerimaan Sakramen Krisma ini”, katanya. Dalam upacara penerimaan Krisma ini Bapak Uskup dibantu oleh Deken Malaka, Rm. Edmundus Sako; Rm. Erwin Asa; dan Rm. Emanuel Kiik Mau, Sekretaris Komisi Liturgi Keuskupan Atambua. (***Okto Klau)

Diedit oleh Yosef Hello

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here