RENUNGAN HARI INI

P. Vincentius Wun, SVD

Selasa Pekan Biasa XIII, 30 Juni 2020

Injil Matius 8: 26, “Ia berkata kepada mereka: ‘Mengapa kamu takut, kamu yang kurang percaya?’ Lalu bangunlah Yesus menghardik angin dan danau itu, maka danau itu menjadi teduh sekali.”

Tuhan Yesus menegur murid-murid-Nya yang mencemaskan hal yang tidak perlu, walaupun Dia sedang ada bersama mereka. Situasi itu mirip dengan hidup kita. Hidup kita juga penuh dengan berbagai kecemasan: yang misikin cemas soal makan minum; yang kaya cemas soal persediaan barang jangan sampai kurang; yang terdidik cemas tidak dihargai dan tidak mendapatkan pekerjaan, cemas akan kesehatan, cemas akan masa depan anak-anak, cemas tentang hidup yang tidak rukun disertai KDRT (Kekerasan Dalam Rumah Tangga) dan lain sebagainya.

Ada segudang kecemasan dan ketakutan menghantui kita. Teguran Yesus terhadap para murid itu adalah teguran bagi kita juga karena kalau kita yakin Tuhan Yesus selalu hadir di samping kita, kenapa kita harus cemas? Kita sering kurang mengimani kehadiran-Nya dalam hidup kita. Karena itu, Yesus menegur kita juga. Mengapa hidupmu hanya penuh dengan kecemasan? Apakah kamu tidak percayabahwa Aku hadir dalam setiap lorong hidup-Mu? Jangan takut!

Kita berdoa: “Saya percaya pada-Mu Tuhan Yesus. Saya tidak akan cemas lagi!”

Amin.

Pater Vikjen Keuskupan Atambua

Diedit oleh Yosef Hello

SHARE