Ilustrasi Memikul Salib. abbaloveministries.org


Matius 16:25-26: “Karena barangsiapa mau menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya; tetapi barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan memperolehnya.
Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia tetapi kehilangan nyawanya? Dan apakah yang dapat diberikannya sebagai ganti nyawanya?”

Setiap orang akan berusaha untuk mengumpulkan harta demi kesejahteraan tubuh fisiknya dan masa depannya. Hal ini penting dan harus diusahakan namun perlu diingat bahwa dalam mengusahakan kesejahteraan duniawi ini jangan sampai orang melupakan keselamatan nyawanya.

Untuk merebut itu orang harus juga siap sedia memikul salib bersama Yesus demi kebaikan dan kebahagiaan sesama. Saya teringat akan pesan St. Petrus dalam1 Petrus 3:17: “Sebab lebih baik menderita karena berbuat baik, jika hal itu dikehendaki Allah, dari pada menderita karena berbuat jahat.”

Untuk berbuat baik demi menyelamatkan nyawa kita, kita harus rela menderita, rela memikul salib bersama Yesus. Bisakah dalam aneka kesulitan hidup dan demi Yesus serta ajaran-Nya kita siap menderita?

Mari kita berusaha menjadi murid Yesus yang siap mengorbankan nyawa demi Injil dan nama Yesus.

Kita berdoa: “Tuhan Yesus penyelamat kami teguhkan kami dalam usaha kami menyelamatkan nyawa kami dengan tekun memikul salib setiap hari. Janganlah pernah mengizinkan kami membuang salib hidup kami hanya karena kebahagian duniawi yang sementara sifatnya dan tidak menjamin kebahagiaan kekal di surga. Amin.”

Salam dan doa,
P. Vincentius Wun, SVD

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here