“Selamat Paskah bagimu semua dan selamat berbahagia kepada bapak Yanuarius Luan dan Ibu Angelina Hoar Sina, Bapak Theodorus Kabosu dan Ibu Sisilia Abuk, dan Mama Yuliana Lay Bau atas pemberkatan rumah-rumahmu hari ini”, demikian Pastor Valens Aquino, CMF dalam kata pembuka ketika memimpin Misa Pemberkatan tiga buah rumah hasil program bedah rumah yang dilakukan oleh Misi Peduli Kasih Claretian dan Paroki Santa Maria Fatima Nurobo, di Nurobo, Jumat (16/4-2021).Superior Delegatus CMF Indonesia-Timor Leste, P. Valens Aquino,CMF didampingi Rm. Ema Kiik Mau,Pr dan Pastor Paroki SMF Nurobo, P. Gabriel Bahan, CMF memimpin Misa Pemberkatan tiga Rumah di Nurobo, Jumat,16/4.

KEUSKUPANATAMBUA.ORG, -Superior Delegatus CMF Indonesia – Timor Leste itu mengatakan bahwa semua karya kasih yang dilakukan para Claretian menjembatani bantuan dari para donatur ini tidaklah terlepas dari karya Kerahiman Allah yang selalu tergerak hati oleh belaskasihan kepada manusia yang membutuhkan sebagaimana dikisahkan dalam Injil Yohanes tentang perbanyakan roti yang berasal dari 5 roti jelai dan 2 ikan yang kita dengarkan tadi. “Ini adalah rahmat Paskah bagimu”, tambahnya.

Doktor Kitab Suci Kaum Muda itu dalam kotbahnya mengajak umat yang hadir untuk semakin menyelami kasih dan kerahiman Allah yang senantiasa mengalir tiada hentinya bagi manusia, karena Allah kita adalah Allah yang Rahim yang selalu peduli terhadap manusia umat kepunyaan-Nya.

“Dan kini kasih dan kerahiman Allah itu mengalir melalui para donatur baik dari dalam maupun luar negeri yang disalurkan melalui Tarekat Claretian dan Paroki Santa Maria Fatima Nurobo yang telah membantu memperbaiki rumah tempat tinggal  umat, termasuk tiga rumah yang hari ini akan kita berkati”, kata Superior Delegatus CMF termuda itu.

Kehadiran CMF “Berkat” bagi umat Nurobo

Syprianus Koes Asa, S.Ag mewakili Dewan Pastoral Paroki menyampaikan terima kasih kepada Uskup Atambua yang berkenan menempatkan para imam Claretian di Paroki Nurobo. “Kehadiran para imam Claretian menjadi berkat bagi umat Paroki Nurobo,” ungkap Katekis jebolan STP Santo Petrus itu. Menurut Bendahara DPP Nurobo itu,  kehadiran para Pastor CMF di Nurobo sejak tahun 2005 silam telah merubah keadaan umat Nurobo paling kurang pola pikir kami terhadap kehidupan beriman, termasuk belarasa terhadap sesama.

“Sejak tahun 2015 kami telah diajarkan untuk peduli terhadap sesama dengan menyisihkan dari kekurangan kami seperti si janda miskin dalam Kitab Suci. Setiap keluarga menyumbangkan Rp 50.000/tahun untuk dana peduli kasih”, katanya menjelaskan.

Claretian adalah Jembatan bagi para Donatur

Sementara itu, Pastor Gabriel M. Bahan, CMF dalam laporannya menyampaikan bahwa dengan pemberkatan tiga rumah pada hari ini berarti sudah 16 rumah yang berhasil dibangun oleh Misi Peduli Kasih Claretian dan Paroki Santa Maria Fatima Nurobo.

Latarbelakang rumah Janda Yuliana Lay Bau, hasil bedah rumah yang asri (Foto:Ari Hane)

“Sampai dengan saat ini Misi Peduli Kasih Claretian telah membangun 16 rumah tinggal yang permanen bagi keluarga-keluarga tak mampu. Itu semata-mata bukan karena Claretian, tetapi bagaimana Claretian menjadi jembatan untuk menghubungkan antara para donatur dengan mereka yang sangat membutuhkan. Karena itu pada tempatnya kita patut menyampaikan limpah terima kasih kepada para donatur yang berkenan menyalurkan berkat Tuhan melalui Misi Claretian ini”, kata Pastor Paroki Nurobo CMF ketiga itu menjelaskan.

Peristiwa ini mesti diceritakan

“Hari ini telah terjadi mujizat di tempat ini!”, kata Bapak Yosef Hello, yang didaulat mewakili pihak Keuskupan Atambua menyampaikan sambutannya. Lebih lanjut, Sekretaris Umum Puspas Keuskupan Atambua itu mengatakan, “ini adalah peristiwa baik dan langka yang mesti diceritakan kepada semua orang supaya mereka juga tahu bahwa di paroki Nurobo, Keuskupan Atambua ini telah terjadi kegiatan bedah rumah umat untuk menghadirkan suasana baru tempat tinggal yang lebih layak untuk dihuni. Selain itu, membantu umat yang susah adalah bagian dari kebajikan Kristiani”.

Peristiwa bedah rumah seperti yang dilakukan para misionaris Claretian dan Dewan Pastoral Paroki Nurobo ini merupakan peristiwa yang belum biasa dilakukan di paroki-paroki lain, karena itu hal ini mestinya menjadi pembelajaran berharga untuk ditiru dan dilaksanakan di tempat lain juga.

Selanjutnya, katanya, Sebagai Sekretaris Umum Puspas, saya mau mengingatkan kita sekalian akan visi dan misi pastoral Keuskupan Atambua hasil Muspas tahun 2018, yaitu umat Allah Keuskupan Atambua yang semakin unggul, cerdas dan sejahtera dalam terang iman dan persahabatan Kristiani. Unggul berarti bisa diandalkan dalam hal iman, ilmu dan moral Kristiani; cerdas dalam arti dapat berpikir dan bertindak dengan baik dan benar; dan sejahtera salah satunya dalam arti memiliki rumah yang baik dan sehat sehingga hidup lebih baik. Karena itu apa yang telah dikerjakan oleh Pastor bersama Dewan Pastoral Paroki Nurobo selama ini patut diacungkan jempol karena mereka telah mempraktekkan kebajikan belarasa terhadap umat yang rumahnya rusak atau tidak layak huni, diperbaiki sehingga menjadi rumah yang sehat dan layak huni.

Usai misa dilanjutkan dengan pemberkatan tiga buah rumah secara bergantian oleh Pater Superior Delegatus dan Romo Emanuel Kiik Mau, Pr, serta penandatanganan berita acara serah terima rumah, termasuk para ahliwarisnya. Ketiga rumah yang diberkati itu adalah milik bapak Yanuarius Luan dan Ibu Angelina Hoar Sina, Bapak Theodorus Kabosu dan Ibu Sisilia Abuk, dan Mama Yuliana Lay Bau. Dua keluarga dan seorang janda ini terlihat sangat bergembira karena kini mereka boleh berdiam di rumah yang bagus, sangat jauh berbeda dengan rumah mereka sebelumnya.

Selain Superior Delegatus CMF Indonesia-Timor Leste, hadir pula Romo Emanuel Kiik Mau, Pr Sekretaris Komisi Liturgi Keuskupan Atambua, Sekretaris Umum Puspas Keuskupan Atambua, Bapak Yosef Hello, S.Pd.M.Hum; juga para wakil donatur, DPP dan banyak umat lainnya. *** (Kontributor ).

Penandatanganan berita acarah serah terima rumah oleh Pater Superior dan Wakil Keuskupan Atambua (foto:Ari Hane)

Editor : Yosef M.L. Hello

 

 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here