keuskupanatambua.org -Tanggal 31 Mei 2021 bertepatan dengan Pesta Santa Perawan Maria Mengunjungi Elisabet, seorang putera terbaik Keuskupan Atambua ditahbiskan menjadi Imam, Diakon Edelbertus Silab, Pr. Bertempat di Kapela Tahun Orientasi Rohani (TOR) Emaus Pastoral Centre (EPC) berlangsung upacara pentahbisan oleh Yang Mulia Uskup Atambua, Mgr. Dr. Dominikus Saku. Dalam amanatnya, Uskup Dominikus mengatakan bahwa imamat adalah jabatan tinggi yang akan dipangkunya karena itu diperlukan pertimbangan sebaik-baiknya.
“Saudara-saudari sendiri mengenal calon imam kita ini. Ada yang memanggilnya saudara atau anak; ada pula yang menyapanya dengan teman. Sebentar lagi dia akan diminta untuk memasuki jajaran imamat. Oleh karena itu, pertimbangkanlah sebaik-baiknya, betapa tingginya jabatan yang hendak dipangkunya”, demikian Uskup Dominikus.
Dipundak seorang imam terletak berbagai harapan baik dari umat, hierarki dan terutama Kristus sendiri sebagai kepala Gereja. Karena itu Bapa Uskup mengharapkan agar imam baru dapat menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya sebagai seorang pengajar sehingga ajarannya dapat diterima oleh umat.
“Semoga pengajaranmu diterima oleh umat Allah, bagaikan makanan dan keharuman hidupmu dapat menyenangkan kaum beriman; karena dengan demikian kamu akan mampu membangun Rumah Allah, ialah Gereja Kudus dengan perkataan dan teladan kamu sendiri”, tandas Mgr. Dominikus Saku.
Diakon Edelbertus Silab, Pr merupakan imam tunggal Keuskupan Atambua yang ditahbiskan pada tahun 2021 dalam masa pandemi covid-19.

Upacara Tahbisan Suci berlangsung dengan khidmat dan meriah, dihadiri oleh sejumlah imam, biarawati dan keluarga imam baru. Para frater TOR Loo Damian mengiringi upacara suci tahbisan dengan lantunan lagu-lagu merdua nan meriah.
Pada akhir tahbisan, Bapa Uskup berpesan agar model upacara tahbisan ini mungkin akan menjadi pertimbangan model tahbisan untuk tahun-tahun berikutnya. (Admin)

Pengenaan Kasula oleh Uskup kepada Imam Baru(foto doc. pribadi)

Imam baru, Rm. Edel Silab bersama Bapa Uskup, Vikjen, Ketua UNIO dan para misdinar usai tahbisan

Rm. Edel Silab di antara orang tua, saudara dan keluarga (doc. pribadi)

Editor: Yosef M.L. Hello

 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here