Keuskupanatambua.org. Komisi Kitab Suci, Keuskupan Atambua dalam rangka memasuki Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN) 2021, menyelenggarakan kegiatan animasi, jumat, 09/03/2021. Kegiatan animasi ini bertemakan ; “Yesus Sahabat Seperjalanan Kita”, dilakukan secara virtual, dengan jumlah peserta berasal dari Puspas Keuskupan Atambua, lembaga, dan paroki-paroki se-Keuskupan Atambua.

Kegiatan ini dimoderasi oleh Rm. Bernard Bria, Pr, Sekretaris Komisi Kitab Suci Keuskupan Atambua.




Ada dua pemateri yang menganimasi kegiatan virtual ini, yakni RP. Adelbertus Purnomo, OFM, Dosen Kitab Suci pada Sekolah Tinggi Filsafat (STF) Driyarakara, Jakarta dan Bapak Uskup Atambua, Mgr. Dr. Dominikus Saku, Pr.
RP. Purnomo, dalam kata pembukanya, mengatakan bahwa hendaknya bulan kitab suci ini, janganlah hanya kita gunakan untuk membaca Kitab Suci saja, melainkan bertolak lebih dalam, yakni membaca, mempelajari, menafsir dari teks ke teks.


Romo Pur-begitu sapaan akrabnya, mengurai teks dan ayat-ayat kunci Kitab Suci, yang dijadikan sebagai titik tolaknya dalam menyusun bahan BKSN 2021 secara seksama sehingga dapat diterapkan dalam pertemuan kelompok atau dalam keluarga masing-masing di rumah.
Sementara itu Bapak Uskup Atambua, Mgr. Dr. Dominikus Saku, Pr hadir bagi para peserta dengan materi ; “Yesus Sahabat Pemberdaya Hidup”.
Bapak Uskup mengatakan, Yesus adalah Seorang Pekerja keras dan cerdas. Yesus bisa mengubah banyak hal. Yang nampaknya sepele, bisa menjadi melimpah. Yesus pekerja visioner bukan pekerja serampangan. PekerjaanNya terpapah.
Lantas Bapak Uskup melontarkan pertanyaan menantang bagi para peserta; kalau Yesus saja bekerja, apalagi kita? Namun lanjutnya, dalam pekerjaan, kita perlu menjadikan Yesus sebagai penuntun dan pemberdaya dalam setiap pekerjaan kita.

Dalam kaitanya dengan pemberdayaan hidup, lanjut Bapak Uskup, Keuskupan Atambua sementara dalam proses perancangan pilot project yang dinamakan Atambua Eden, yang di dalamnya, semangat merawat lingkungan hidup dan sekaligus sebagai peluang untuk saling memberdayakan sedang diupayakan.

Kegiatan animasi virtual ini pun diikuti oleh siswa-siswi Sekolah Menegah agama Katolik Santa Filomena Mena, kabupaten Timor Tengah Utara (TTU). Sebagaimana pantauan penulis, siswa-siswi SMAK ini sangat antusias mengikuti kegiatan ini hingga selesai.
Hadir juga sejak awal, dalam kegiatan animasi ini, bersama anak-anak SMAK Santa Filomena Mena, Deken Mena, Rm. Kanisius Oki, Pr. 

Keterangan Foto: Foto-Foto diambil dari Group WA Pusat Pastoral Keuskupan Atambua dan Foto Deken Mena dan para siswa SMAK Sta. Filomena Mena dari penulis sendiri.

Laporan/Penulis : Romo Von Neno, Pr

Editor : Okto Klau

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here