Mencari Tuhan Dengan Berbuat Baik: Laporan Perayaan Hari Minggu Paskah dari Katedral Atambua

0
31

 

RD. Stefanus Boisala: Mencari Tuhan dengan berbuat baik (dok. pribadi)

keuskupanatambua.org, -Merenungkan peristiwa mengenang kebangkitan Kristus pada hari Minggu Paskah, Pastor Paroki Santa Maria Immaculata Katedral Atambua, Rm. Stefanus Boisala, Pr mengajak umat gembalaannya untuk belajar dari ke-3 tokoh yang mencari Yesus yaitu Simon Petrus, Yohanes dan Maria Magdalena.

Dalam renungan singkatnya, Rm. Stef menguraikan, Maria Magdalena adalah seorang tokoh perempuan yang pergi ke kubur Yesus. Melihat kubur yang kosong dia berlari meninggalkan tempat penuh misteri itu. Maknanya positif, pergi untuk mengabarkan bahwa mungkin jenasah Yesus telah diambil orang.

Dua tokoh lain yang bergegas menuju kubur adalah Simon Petrus dan Yohanes. Walau Simon Petrus tidak mengerti fakta ini, Yohanes seorang murid yang dikasihi Yesus telah yakin bahwa Yesus Sang Guru telah bangkit dari kuburNya.

Yohanes sungguh percaya bahwa Yesus sungguh bangkit, tidak seperti dugaan Maria Magdalena jika jenasah Yesus diambil orang. Inilah berita gembira yang diwartakan ke segenap umat yang percaya. Inilah berita iman yang kita sekalian akui hingga sekarang.

Kepada ribuan umat katolik yang hadir, pastor yang merangkap tugas sebagai Deken Belu Utara ini mengingatkan, bangkitnya Yesus Kristus adalah juga kebangkitan bagi kita umat pengikutNya.

“Hidup penuh harapan dan percaya. Namun diakui banyak juga tantangan dan kesulitan yang bermacam-macam,” ungkapnya.

Walau demikian kita diajak untuk yakin bahwa badai akan berlalu, kesulitan pasti akan teratasi. Karena semua itu akan dilalui bersama Yesus yang bangkit dengan jaya. Muara akhirnya adalah hidup dalama keadaan yang baru.

Mengakhiri kotbahnya, Rm. Stef mengimbau umat yang dipimpinnya untuk mengambil bagian dari semangat para murid kesayangan yang berjuang mencari Tuhan. Mencari Yesus dengan berbuat baik dan berkurban. Agar hidup yang penuh iman, harap dan kasih menjadi hidup yang penuh berkat bagi diri kita dan sesama pengikut Kristus yang bangkit.

Perayaan Ekaristi sesi kedua di Gereja Katedral Sta. Maria Immaculata Atambua, Minggu Paskah, 17 April 2022 dimulai pukul 08.30 wita. Sebelumnya misa sesi pertama dipimpin Uskup Atambua, Mgr. Dr. Dominikus Saku, Pr. ***

Foto bersama sekelompok umat Allah (dok.pribadi)

Peliput/Pelapor : Eustakhius Mali Tae

Editor : Yosef M.L. Hello

 

SHARE