Dalam rangka mengisi dan memaknai Bulan Kitab Suci Nasional 2021, maka pada Jumat, 10 September 2021, Pukul 18. 00 WITA-selesai, Paroki Kristus Raja Seon melakukan kegiatan pendalaman iman yang dilakukan secara tatap muka dengan memperhatikan protokol kesehatan Covid-19 dan juga dilakukan secara virtual/daring.

Kegiatan ini mengambil tempat dan lokasi di depan Gua Maria Paroki Seon. Anggota komunitas Pastoran Seon, karyawan/i, anak-anak asrama mengikuti pendalaman iman ini secara langsung, sedangkan umat mengikutinya secara daring dari rumah yang merupakan sesuatu yang baru bagi umat di Seon. Kegiatan pendalaman iman ini di pimpin oleh Fr. Firminus Botan, SSCC.



Di bawah naungan Sub Tema I: “YESUS, SAHABAT BAGI MEREKA YANG PUTUS ASA”, peserta dituntun dan diajak untuk membaca, merenungkan, serta mendalami sub tema ini dengan landasan biblis Mat. 14: 22-33. Fr. Firminus yang menjadi pemandu kegiatan ini, mengatur jalannya pendalaman iman ini dengan baik sehingga semua peserta entah yang mengikuti secara langsung maupun daring terlibat secara aktif. Untuk tugas membaca Kitab Suci misalnya, dipercayakan kepada dua peserta yang mengikuti secara daring pertemuan iman ini yaitu Ibu Floren Bouk dan Ibu Adel. Sementara itu kegiatan sharing terbuka untuk semua orang. Ada sharing pengalaman dari Rm. Jeff Ndun, Rm. Alo Kosat dan juga Ibu Paula. Setelah itu Fr. Minus sebagai pemandu, memberikan beberapa poin permenungan sebelum doa penutup dan pengumuman.

Kegiatan ini berjalan dengan baik walaupun di tengah berbagai keterbatasan seperti media yang sederhana, jaringan yang kurang mendukung, aplikasi zoom meeting yang low quality dan lain-lain. Walaupun demikian, semua peserta mengikutinya penuh antusias dan tertib.

Untuk diketahui bahwa Pendalaman Iman selama Bulan Kitab Suci Nasional di Paroki Kristus Raja Seon akan dilakukan setiap hari Jumat, pukul 18. 00 WITA-selesai secara daring/virtual. Pemandunya adalah para imam dan Frater TOP. Umat selalu dihimbau untuk mengikuti secara daring lewat mimbar Gereja atau media sosial. Walaupun ada banyak Keterbatasan yang ditemui, pendalaman iman ini tetap akan dilakukan sebagai langkah untuk bersama-sama mengisi, memaknai dan merayakan Bulan Kitab Suci Nasional 2021. Harapannya adalah agar umat semakin banyak terlibat dalam kegiatan ini secara daring ataupun dilakukan secara langsung di dalam keluarga, KUB, sekolah atau komunitas masing-masing dengan tetap mengikuti aturan Prokes Covid-19.

Menurut Romo Jeffri Ndun, bulan September selalu menjadi bulan spesial karena bulan September adalah Bulan Kitab Suci Nasional. Semua orang Katolik diajak untuk mencintai Tuhan dengan cara mencintai Sabda-Nya sendiri dalam Kitab Suci. Setiap orang Katolik diajak untuk membaca Kitab Suci, merenungkan, menghayati, menafsirkan dan akhirnya melaksanakan atau mengaplikasikannya di dalam hidupnya.

Sebagaimana telah jelas bahwa tema umum Bulan Kitab Suci Nasional tahun 2021 adalah “YESUS, SAHABAT SEPERJALANAN KITA”. Tema ini menarik karena lahir dari konteks global saat ini dan secara khusus bangsa Indonesia yang masih terus dihantui oleh Covid-19 yang melahirkan berbagai dampak buruk ikutannya. Dalam situasi inilah, setiap orang diajak untuk menyadari, percaya dan beriman kepada Tuhan Yesus yang tidak pernah meninggalkan manusia. Ia tetap setia menyertai, menolong, mendekati, menghibur dan membantu manusia. Sebab Ia adalah sahabat setia, yang memiliki simpati dan empati setiap orang yang menderita. Ia adalah Imanuel “Allah beserta kita”. Bacaan-bacaan yang dipilih untuk menjadi dasar biblis dalam setiap permenungan membuktikan bahwa Tuhan tetap menyertai setiap orang dan menjadi sahabat setiap orang.

Laporan/Penulis : Romo Jeffri Ndun, Pr (Pastor Pembantu Paroki Kristus Raja Seon
Editor : Okto Klau


SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here