Pastor Paroki Nurobo, Pater Gabo siap memberkati rumah Mama Yosepha (doc. Komsos paroki)

Keuskupanatambua.org.,-Acara Bedah Rumah Mama Yosepha Da Costa, Jumat, 28/5-2021 diawali dengan Perayaan Ekaristi dipimpin oleh P. Silverius P. Homa, CMF, Perwakilan Dewan Kongregasi Clarentian, didampingi P. Gabriel Y.N. Bahan, CMF, Pastor Paroki Santa Maria Fatima Nurobo dan P. Alexius Kedi, CMF,Pastor Rekan. Perayaan Ekaristi dimeriahkan dengan koor umat lingkungan Manufahi, Stasi Sukabitetek. Ketua lingkungan Manufahi dalam sambutannya menyentil rasa syukur atas kehadiran Kongregasi Claretian yang sangat peduli dengan umatnya. Mereka merasa senang dan bahagia atas gerakan hati dari para Imam Claretian bersama orang muda dan umat lingkungan untuk memulai membangun rumah mama Yosepha da Costa.

Mama Yosepha, seorang janda yang sudah tua dan sangat kesulitan dalam menghidupi kedua orang anak yang masih bersekolah ditambah dengan keadaan rumah panggung yang sudah tidak layak huni, tiang rumah yang miring, dinding yang berlubang-lubang dengan atap yang bocor dimana-mana. Berangkat dari situasi ini, Pater Gabo, demikian biasa disapa Pastor Paroki Nurobo, bersama Pater Leksi dengan kemauan yang kuat dan  Penyelengaraan Tuhan, berani mulai bedah rumah dari “KETIADAAN” menjadi “ADA”.

Ketua Panitia, P. Alexius Kedi, CMF dalam laporan pertanggungjawaban bedah rumah mengatakan bahwa kegiatan bedah rumah adalah salah satu misi Claretian Internasional.Ide bedah rumah berawal dari rasa keperihatinan yang mendalam dari Pater Gabo ketika kunjungan Pastoral ke lingkungan-lingkungan dalam Paroki Nurobo. Ia melihat ternyata masih banyak umatnya yang tidak mempunyai tempat tinggal yang layak. Kemudian beliau mengkomunikasikannya secara baik kepada Pastor Rekan, DPP/DKP dan Orang Muda Katolik (OMK) serta umat Paroki Nurobo sehingga kegiatan bedah rumah dapat terselesaikan dengan baik dan lancar bahkan lebih cepat dari yang ditargetkan.

Sementara itu, Sr. M. Klarentin, FSGM mewakili Pusat Pastoral Keuskupan Atambua menyampaikan terima kasih atas kerjasama Paroki Nurobo dan umat dalam mengaplikasikan Visi – Misi Keuskupan Atambua yaitu pemberdayaan umat yang unggul, cerdas dan sejahtera, serta mendukung Misi Solidaritas Kemanusiaan dari Kongregasi Claretian bersama Paroki Nurobo. Kami berharap agar misi Claretian dapat menjadi contoh bagi Pemerintah dan paroki-paroki lain dalam kepedulian terhadap umatnya. Selanjutnya, P. Silverius P. Homa, CMF, Perwakilan Dewan dari Kongregasi Claretian menyampaikan terima kasih kepada Pater Gabo dan Pater Leksi yang sangat peduli dan antusias terhadap umatnya. Dan terima kasih juga untuk para donator yang telah berperan dalam berbagai macam cara. “Semoga Misi Solidaritas Kemanusiaan di paroki Nurobo terus berlanjut”, pintanya.

Mama Yosepha sangat bersukacita atas peristiwa ini. Beliau sangat terharu atas bantuan ini sehingga selama perayaan ekaristi berlangsung, ia terlihat terus menetskan air mata. Beliau sangat berterima kasih kepada CMF dan Pastor Paroki Nurobo yang sangat memberikan perhatian dan kepedulian kepadanya.

Hadir pada acara bedah rumah ini, perwakilan dari Puspas Keuskupan Atambua, Sr. M. Klarentin, FSGM dan Ibu Juliana Klau, Ketua DPP/DKP Paroki Nurobo, para Ketua lingkungan Stasi Sukabitetek, Kepala Desa Sukabitetek, Kapolsek Raimanuk, serta para Donatur dan seluruh umat dari lingkungan Manufahi. (Laporan: Sr. Klarentin FSGM & Juliana Klau)Hasil bedah rumah mama Yosepha (kiri: sebelum, kanan cat biru: sesudah dibedah) foto: Juli Klau

Rumah idaman untuk mama Yosepha (foto:komsos Paroki Nurobo)

Editor: Yosef M.L. Hello

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here