keuskupanatambua.org – Sesuai visi dan misi keuskupan Atambua yakni Umat Allah Keuskupan Atambua yang semakin unggul, Cerdas dan Sejahtera dalam terang iman dan persaudaraan Kristiani, maka setiap tahun diselenggarakan Pameran Ekonomi Kreatif. Namun selama dua tahun berturut-turut yakni 2020 dan 2021 kegiatan ini tidak bisa dilaksanakan karena pandemi covid-19.

Pada tahun 2022, ketika kita telah berangsur-angsur meninggalkan situasi pandemi tersebut, maka pihak Keuskupan Atambua berencana akan menyelenggarakan kembali event tersebut. Untuk itu Ketua Komisi Panggilan/Seminari Keuskupan Atambua, RD. Leonardus Edel Asuk dan Sekretaris Komisi, Sr. Klarentin FSGM, setelah bertemu dengan Uskup Atambua, menyampaikan bahwa kegiatan parekraf 2022 ini akan dilaksanakan pada akhir Agustus hingga awal September, bertempat di alun-alun Keuskupan Atambua, Lalian Tolu.

Untuk merealisasikan itu, telah dilaksanakan rapat perdana panitia di aula Pusat Pastoral Keuskupan Atambua (Lalian Tolu,14/7-2022). Dalam rapat tersebut dibahas kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan berupa pameran yang akan diikuti semua paroki se-keuskupan Atambua, tarekat-tarekat religius, lembaga pendidikan dan lembaga-lembaga pemberdayaan yang berada di bawah Keuskupan Atambua. Selain itu akan melibatkan juga beberapa instansi pemerintah dan lembaga keuangan di Kabupaten Belu.

Selain pameran, selama pekan pameran ini akan juga diisi dengan berbagai kegiatan dan atraksi umat berupa seminar pendidikan ekonomi kreatif yang akan diikuti oleh sekolah-sekolah Katolik dan Negeri se- Keuskupan Atambua; pentas seni budaya yang akan melibatkan sekolah-sekolah mulai dari PAUD, SD, SMP hingga SMA/K serta komunitas dan OMK.

Berhubung pameran ini akan berlangsung hingga awal September sebagaimana kita ketahui merupakan Bulan Kitab Suci Nasional, maka akan dilaksanakan juga Lomba Baca dan Kuis Kitab Suci tingkat SD dan SMP. Selain itu, menurut Sekretaris Panitia, Sr. Klarentin FSGM, akan ada juga lomba gerak dan lagu oleh anak-anak SEKAMI.

Dalam rapat perdana itu, Ketua Komisi Panggilan-Seminari Keuskupan Atambua, RD. Leonardus Edel Asuk menyampaikan permintaan Bapa Uskup agar kegiatan ini sungguh-sungguh dipersiapkan dengan baik, melibatkan banyak pihak dan menjaga agar berjalan dengan baik, aman dan lancar. Untuk itu, lanjut Preses Seminari Lalian itu, “tiap-tiap seksi dalam kepanitiaan hendaknya menjalin kerja sama yang baik dengan semua yang akan terlibat agar benar-benar dipersiapkan dan terlaksana dengan baik pula”, demikian tandas Putera Laktutus itu.

Rapat kedua kepanitiaan akan dilaksanakan pada Sabtu, 6 Agustus 2022. Diharapkan pada rapat kedua ini, semua seksi sudah memastikan rencana dan kegiatannya masing-masing.

*Peliput/Penulis: Yosef Hello                * Editor : Oktovianus Klau

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here