Patung Santo Yohanes Pemandi berdiri megah di depan SMAK Warta Bakti Kefamenanu yang diberkati Vikjen KA, (Kamis,24/6-2021)

keuskupanatambua.org, -Pada hari Kamis, 24 Juni 2021 bertepatan dengan Pesta Kelahiran Santo Yohanes Pemandi, berlangsung misa kudus untuk merayakan Pesta Pelindung Sekolah Menengah Atas Katolik Warta Bakti Kefamenanu dipimpin oleh Vikaris Generalis Keuskupan Atambua. P. Vincentius Wun SVD dalam kotbahnya mengungkapkan beberapa keutamaan dari Santo Yohanes Pemnadi yang dipilih menjadi pelindung SMAK Warta Bakti, diantaranya yang paling menonjol adalah kerendahan hati. “Ketika ia berada di depan orang banyak, ia berkotbah dengan berapi-api dan semua orang tertarik dengan kotbahnya, mendengarnya dan banyak orang yang meminta untuk dibaptis. Ia memiliki massa yang besar, namun ketika Tuhan Yesus tampil di depan umum, ia menunjukNya dan berkata, “Lihatlah Anak Domba Allah. Ia harus semakin besar dan aku semakin kecil.” Lebih lanjut mantan Pastor Paroki Santo Yohanes Pemandi Naesleu itu mengatakan, Yohanes Pemandi mengajarkan kepada kita keutamaan dan karakter hidup untuk mendahulukan yang lain yaitu budaya antri.
Perayaan ekaristi diikuti oleh 11 orang imam konselebran, yakni Rm. Agustinus Seran (Ketua Yayasan Snuna yang membawahi SMAK Warta Bakti); Rm. Djanu Mau Kura, Pr (Kepala SMAS Katolik Warta Bakti Kefamenanu); Rm. Dicky Mau Leto, Pr (Pastor Pembantu Naesleu); Rm. Yohanes Sera, Pr (Pastor Pembantu Naesleu); P. Salvator Towary SVD (Preses Rumah Retret Noemeto); Rm. Frans Teku, Pr (Pastor Paroki Sadi); P. Marsel Baonule SVD (Noemeto); Rm. Okto Neno, Pr (Pastor Pembantu Manufui); Rm.Orlando Afoan, Pr (Pastor Pembantu Seon); Rm. Emanuel Kiik Pr (Sekretaris Komlit KA); dan P. Andreas Nabu FDCC (Alumnus SMAK Warta Bakti).
Sebelum perayaan didahului dengan penerimaan Vikjen Keuskupan Atambua, Bupati TTU dan rombongan dengan Takanab dan tarian likurai oleh Siswa-siswi SMAK WB dan para guru di depan Gereja Paroki Naesleu. Perayaan misa ini mematuhi protokol kesehatan. Semua umat yang ikut misi mengenakan masker dan menjaga jarak tempat duduk.
Usai misa dilanjutkan dengan sejumlah rangkaian acara yakni peletakan batu pertama pembangunan Gedung Auditorium, Stadion Multifungsi, dan Kantin Kejujuran oleh Vikjen KA, Bupati TTU, Kajari TTU, Kepala Bank NTT Cabang Kefamenanu, Kakan Kemenag TTU dan Malaka.
“SMA Swasta Katolik Warta Bakti Kefamenanu ini sebelumnya bernama PGAK Warta Kefamenanu yang telah menghasilkan banyak sekali guru agama Katolik dan pejabat lainnya di seantero nusantara ini”. Demikian disampaikan Bupati TTU, Drs. Djuandi David dalam sambutannya. “Bertepatan dengan pesta pelindung ini (Kamis,24/6/2021), pihak SMAK telah menutup pendaftaran penerimaan siswa baru karena telah melebih kwota yang ditetapkan. Hal ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya di mana SMAK/SMUK selalu menerima siswa sisa yang telah ditolak dari SMAN I Kefamenanu. Artinya SMAK itu pilihan terakhir setelah tidak diterima di sekolah-sekolah lain. Tapi kali ini kita lain”, demikian ditegaskan Kepala Sekolah, Rm. Djanu Mau Kura, Pr.
Acara ramah tamah dimeriahkan dengan paduan suara Siswa-siswi SMAK yang begitu memukai dan menarik perhatian hadirin. (Laporan Yosef Hello)

P. Vincentius Wun SVD (Vikjen KA): SMAK Warta Bakti “Menuju pendidikan Karakter yang lebih baik”

Editor : Yosef Hello

SHARE