RD. Aloysius Kosat: Beberapa Pikiran yang Perlu Disosialisasikan dan Didalami Selama Masa Adventus 2021

0
173

keuskupanatambua.org; -Pastor Paroki Kristus Raja Seon kepada media ini menyampaikan terima kasih kepada Tim Puspas Keuskupan Atambua yang telah menyiapkan sebuah bahan pembinaan Adventus 2021 dengan tema: “Berjalan Bersama”.

Terhadap bahan yang disiapkan Puspas, beliau merumuskan beberapa pokok pikiran yang perlu disosialisasikan dan didalami oleh seluruh umat pada masa Adventus 2021 ini. Pokok-pokok pikiran itu menurut Romo Aloysius Kosat merupakan intisari dari bahan pendalaman Adventus 2021 yang dikeluarkan Kantor Pusat Pastoral Keuskupan Atambua sebagai berikut:

Pertama, Ada tiga momen penting yang saat ini sedang dihadapi dunia, termasuk Indonesia, yakni: situasi khusus pandemi Covid-19; Sinode Para Uskup Sedunia; dan Masa Khusus Adventus 2021. Ia menguraikan bahwa sudah hampir dua tahun, kita berada dalam situasi khusus yakni pandemi Covid-19. Akibat dari pandemi Covid-19 itu antara lain, banyak perusahaan ditutup dengan akibat ikutannya banyak karyawan-karyawati di PHK yang artinya tidak ada kerja dan hidup susah. Akibat lanjutnya berupa ekonomi macet dan kehidupan sosial budaya dan religius pun terganggu.  Mengenai momen kedua, menurut mantan Deken Kefamenanu itu, Paus Fransiskus mengajak seluruh Gereja sejagat untuk terlibat dalam sinode para Uskup ini sebagai bukti bahwa Gereja Katolik tetap satu dan selalu berjalan bersama. Dan momen ketiga yaitu masa khusus Adventus 2021 sebagai masa penantian di mana kita menantikan peristiwa Inkarnasi Allah menjadi Manusia dalam diri Yesus Kristus pada hari Natal.

Romo Aloysius Kosat juga menguraikan dengan lebih rinci lagi ketiga sub tema pertemuan pendalaman iman Adventus 2021 dengan maksud agar lebih memudahkan umat untuk memahami dan mendalaminya.

Pada akhir uraiannya, Pastor asal Usapi Baamfaun- Paroki Maubam itu menyampaikan beberapa pesan khusus kepada umatnya di Paroki Kristus Raja Seon yakni setiap orang mesti turut berperan aktif untuk memutusrantai penyebaran virus Coronan atau Covid-19 dengan tetap taat pada protokol kesehatan yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan mengikuti vaksinasi.

“Setiap umat Katolik diharapkan berperan aktif untuk memutusrantai penyebaran Covid-19 dan juga turut berperan aktif mempersiapkan dan memberi masukan yang perlu demi suksesnya Sinode para Uskup sedunia”, tandasnya.

Sehubungan dengan masa persiapan Natal ini, Aloysius Kosat berpesan agar setiap  orang Katolik perlu menjaga dan merawat relasi baik dan harmonis dengan Tuhan, anggota keluarga, sesama dan alam ciptaan. Dan bersama-sama bertekad untuk menjaga keutuhan ciptaan, melestarikan lingkungan hidup dan mempertahankan kesuburan tanah dengan cara: menanam pohon, mengurangi kebiasaan tebang pohon untuk pelbagai kepentingan, mengurangi kebiasaan semprot rumput, dan mengurangi kebiasaan bom atau racun ikan dan tembak atau fiti burung-burung di udara.**

Peliput: Yosef Hello                                 Editor : Okto Klau

Sumber foto: dari akun facebook pribadi

SHARE