Santo Antonius dari Padua, Sumber: posflores.com


Matius 5:38-39: “Kamu telah mendengar firman: Mata ganti mata dan gigi ganti gigi. Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapa pun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu.”

Ajaran Yesus hari ini tentu sangat bertentangan dengan apa yang dijalankan orang Yahudi. Ajaran ini adalah ciri khas orang Kristen, cinta.

Tidak boleh membalas yang jahat dengan yang jahat. Yang melakukan kekerasan fisik maupun kekerasan psikologis jangan dibalas, yang meminta baju beri dia jubahmu, yang meminta berjalan satu mil berjalanlah dengannya 2 mil, yang meminjam jangan menolak.

Kenapa kita harus buktikan kasih karena kita ini anak dari Bapa di surga. Mengasihi orang yang kita kasihi mudah. Ini bukan berarti mengasihi orang yang kita kasihi itu bukan kasih. Itu juga kasih.

Tapi mèngasihi orang yang melukai kita dan kita membalas dengan kebaikan itu adalah kasih yang berpihak pada Allah. Bisakah kita berlaku sesuai ajaran Yesus? Mari kita usahakan.

Kita berdoa: “Yesus di kayu salib Engkau memberikan teladan kasih sejati dengan mengampuni yang menyalibkanMu. Kami mau mengikuti nasihatMu hari ini membalas yang jahat dengan kebaikan. St.Antonius Padua jika kasih kami hilang dalam keluarga kami, bantu kami agar kami temukan lagi. Amin.”

Salam dan doa,
P. Vincentius Wun, SVD

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here