Rm. Ekonom KA menyerahkan bantuan kepada Sr. Mary Yoana SSpS: Kepala KP St. Yosef Kefa disaksikan Rm. Emanuel Siki, Pr

keuskupanatambua.org; – Bantuan itu, berapa pun besar atau kecilnya tidak dituntut, namun yang terpenting adalah bahwa bantuan itu diberikan kepada orang atau lembaga yang tepat dan dimanfaatkan sesuai intensi pemberi. Itulah filosofi yang benar mengenai pentingnya bantuan baik bagi pemberi maupun penerima bantuan.

Atas dasar itu, pihak keuskupan Atambua pada Rabu dan Kamis, 19-20 Januari 2022 menyalurkan bantuan yang diberikan oleh donatur melalui Yang Mulia Bapak Uskup kepada 3 (tiga) Unit Pelayanan Kesehatan (UPK) Swasta yaitu Rumah Sakit dan Klinik Pratama berupa tempat tidur pasien (patient’s bed); troli makanan (food trolley); pakaian layak pakai dan pupuk organik cair. Ketiga UPK Swasta yang menerima bantuan itu adalah Klinik Pratama Santa Elisabet Kiupukan; Klinik Pratama Santo Yosef Kefamenanu dan Rumah Sakit Cacat dan Kusta Naob.

Rm. Yulius Selsus Nesi, Pr kepada para pimpinan UPK penerima bantuan, berpesan agar pemberian para donatur ini dapat diterima, dimanfaatkan dan dijaga agar dapat berguna bagi orang-orang sakit yang dirawat di UPK ini sehingga mereka dapat mengalami kesembuhan pada waktunya. “Kami berharap agar apa yang diberikan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk membantu orang-orang sakit mengalami kesembuhan. Kami hanyalah alat yang dipakai Tuhan untuk menyalurkan bantuan dari donatur. Untuk itu mohon mendoakan para donatur kita dalam hal ini Ibu Anastasia dan Ibu Maria di Amerika dan Bapak Uskup kita”, pinta Ekonom Keuskupan Atambua itu.

Sementara itu dari pihak penerima bantuan menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam pertama-tama kepada Ekonom Keuskupan Atambua yang telah berkenan mengantarkan bantuan ini dan kepada para donatur yaitu Ibu Anastasia dan Ibu Maria melalui Yang Mulia Bapak Uskup Atambua, Mgr. Dominikus Saku atas bantuan yang diberikan. Mereka berjanji akan memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya untuk menolong para pasien.
“Terima kasih kepada para donatur dan Bapak Uskup Domi yang telah memberi perhatian kepada unit kesehatan kami dan tentu saja apa yang diberikan ini sangat membantu kami dalam melayani para orang sakit”, kata Sr. Maria Alexia PRR, Pimpinan Rumah Sakit Cacat dan Kusta Naob, salah satu penerima bantuan itu.

Sr. M. Alexia PRR menerima bantuan yang diserahkan oleh Ekonom KA, Rm. Selsus Nesi, Pr
Penyerahan pupuk organik cair In Hati KA

Menurut Rm. Sel Nesi, pimpinan rombongan yang mengantarkan bantuan, ini bukanlah yang pertama dan terakhir kali.
“Tentu saja bantuan yang kami antar ini bukanlah yang pertama dan terakhir, tetapi seterusnya masih ada bantuan lainnya dari para donatur kita”, katanya.

Rincian bantuan yang diberikan kepada ketiga rumah sakit dan klinik itu adalah sebagai berikut, untuk Klinik Pratama Swasta Katolik Santa Elisabeth Kiupukan bantuannya berupa 7 (tujuh) tempat tidur pasien dan satu buah troli makanan yang diterima langsung oleh Kepala Klinik Pratama, Sr. Yosefa Lia, SSpS; Klinik Pratama Swasta Katolik Santo Yosef Kefamenanu menerima 9 (sembilan) tempat tidur pasien dan satu troli makanan yang juga diterima secara langsung oleh Kepala Klinik Pratama, Sr. Mary Yoani, SSpS; dan RSCK Naob berupa  15 (limabelas) tempat tidur pasien, 1 (satu) buah troli makanan, 2 (dua) koli pakaian layak pakai, dan 10 liter pupuk organik cair INHATI KA yang juga diterima langsung oleh Pimpinan Komunitas PRR Naob, Sr. Maria Alexia, PRR.

Untuk diketahui bahwa jumlah UPK swasta di keuskupan Atambua yang tergabung dalam Perdhaki Wilayah Keuskupan Atambua sebanyak 16 unit yang tersebar di tiga kabupaten: Belu, Malaka dan TTU.

Tim beristirahat di tempat terakhir penyerahan bantuan kali ini, yaitu RSCK Naob. Ikut dalam rombongan dan tergambung dalam tim penyerahan bantuan tersebut, selain dari keuskupan Atambua, ada juga Kepala Cabang Bank NTT Kefamenanu, Ny. Frida Faturene. Beliau atas nama pribadi dan Bank NTT Cabang Kefa menyerahkan 2 (dua) karung beras, minyak goreng dan beberapa oleh-oleh lainnya kepada pihak pengelolah RSCK Naob. Setelah penyerahan bantuan, tim diterima oleh para Suster Puteri Reinha Rosari (PRR) yang didirikan oleh Mgr. Gabriel manek SVD itu di Biara mereka dengan jamuan makan siang dan dilanjutkan dengan foto bersama.

Foto bersama di depan Biara PRR Naob (dok.pribadi)

Safari hari ini selain membawakan bantuan kepada tiga lembaga kesehatan yang ada di Keuskupan Atambua, tim juga berkenan melawat ke Paroki Santo Paulus Maubam yang sedang melakukan pembangunan gedung gereja yang baru. Pastor Paroki Santo Paulus Maubam, Rm. Simon Opat, Pr dibantu oleh Rm. Elfridus Nahak, Pr memimpin dan melayani umat paroki Maubam di wilayah Kecamatan Noemuti Timur.

Pada kesempatan kunjungan ini baik dari Ekonom Keuskupan Atambua maupun Pimpinan Bank NTT Cabang Kefamenanu berjanji akan membantu umat paroki ini untuk menyelesaikan pembangunan gedung gereja ini. Pastor Paroki Maubam, Rm. Simon Opat menyampaikan terima kasih dan berharap bantuan dapat diberikan pada waktunya untuk membantu umatnya menyelesaikan pembangunan gereja yang kini sudah mencapai 50% itu. ***

Bersama Pastor Paroki Maubam, Rm. Simon Opat

Peliput/Pelapor : Yosef Hello
Editor : Okto Klau

 

 

SHARE