RENUNGAN HARIAN

Rabu, Pekan Biasa XIII, 01 Juli 2020

P. VINCENTIUS WUN SVD

Injil Matius 8: 32 “Yesus berkata kepada mereka: “Pergilah!” Lalu keluarlah mereka dan masuk ke dalam babi-babi itu. Maka terjunlah seluruh kawanan babi itu dari tepi jurang ke dalam danau dan mati di dalam air”.

Setelah peristiwa menenangkan taufan di Danau Genezaret, Yesus menyeberang ke Daerah Gadara. Di situ Ia mengusir setan yang merasuki dua orang di pekuburan. Keadaan mereka sangat menakutkan.

Dengan mengusir setan ini, genaplah kuasa Yesus karena orang yang sakit disembuhkan-Nya, alam pun takhluk pada-Nya. Sekarang setan pun diusir-Nya dengan kata-kata saja: “keluarlah” dan setan pun keluar….

Dengan ini Yesus mau mengajar kita bahwa kita dapat memiliki perlindungan-Nya dari si jahat jika kita kehendaki. Lebih dari itu bahwa Yesus menghendaki kita bebas dari ketakutan akan setan dengan menunjukkan kuasa-Nya yang nyata. Hal ini berarti kita bisa kalahkan setan hanya dalam kuasa dan nama Yesus saja. Selain dari pada itu, ada hal yang menarik dalam cerita ini, bahwa penduduk yang melihat kejadian itu mereka takut tapi mereka tidak percaya, maka mereka menyuruh Yesus untuk cepat tinggalkan kota mereka.

Untuk itu maka ada dua hal yang penting bagi kita, yakni:

  1. Harus berani usir setan dalam nama Yesus. Tidak usah cari-cari tim doa. Usir saja dalam nama Yesus.
  2. Ada banyak kejadian Tuhan nyatakan pada kita dalam hidup kita agar kita sadar dan percaya, tapi sering kita hanya sampai pada tingkat heran, tetapi tidak sampai beriman kepada-Nya.

Kita berdoa: “Ya Allah, dengarkanlah suaraku pada waktu aku mengaduh, jagalah nyawaku terhadap musuh yang dashyat” (Mz 64: 2). Amin ***

Pater Vikjen Keuskupan Atambua

Diedit oleh Yosef Hello

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here